Bagi siswa dan siswi sekolah dasar, seragam sekolah adalah suatu atribut sekolah yang wajib digunakan yang dapat menunjukkan identitas bahwa anak tersebut sedang menempuh pendidikan sekolah dasar. Aktivitas sekolah yang berkutat dengan tinta dan aktivitas sekolah yang padat, kadang membuat orang tua jengkel dengan noda yang tertinggal pada seragam yang umumnya berwarna putih. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan beberapa tips cara mencuci seragam sekolah anak. Agar seragam yang mereka kenakan tetap terlihat baru dan lebih awet.

 

1. Tips Mencuci Baju Seragam Warna Putih

• Pisahkan Seragam Putih Dengan Pakaian Berwarna

Saat mencuci seragam sekolah warna putih, pastikan untuk memisahkan pakaian putih dengan yang berwarna lainnya. Cucilah seragam putih anak Anda di bak terpisah. Pastikan pula untuk menggunakan air yang bersih dan bening untuk mencucinya.

• Gunakan Detergen Yang Tepat

Usahakan untuk memilih sabun yang memang ditujukan untuk membuat pakaian tetap putih dan noda yang ada pada seragam sekolah tersebut terangkat dengan baik. Pastikan menggunakan detergen yang tak hanya bisa membuat pakaian Anda bersih, tapi juga pilih detergen yang wangi agar Anda tak perlu memakai pewangi pakaian untuk membuat aromanya tetap wangi dan segar.

• Gunakan Cairan Pemutih Pakaian

Sesekali, cobalah untuk merendam pakaian putih Anda dengan cairan pemutih. Agar cairan pemutih tidak merusak pakaian, sebelum memasukkan seragam sekolah anak Anda ke dalam air berisi cairan pemutih, pastikan untuk mencuci seragam tersebut dengan detergen terlebih dahulu. Jika sudah agak bersih, masukkan cairan pemutih. Rendam pakaian kira-kira 5 – 10 menit saja lalu cuci kembali baju putih tersebut dengan detergen. Cuci seperti biasa dan bilas dengan air bersih.

Mengeringkan Baju Putih

Agar seragam putih anak Anda tetap awet dan tidak mudah rusak serta warnanya tetap cerah, keringkan pakaian putih yang selesai dicuci di tempat yang teduh. Pakaian putih hanya cukup dikeringkan di tempat yang berangin. Usahakan untuk tidak mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari langsung karena hal ini dapat membuat seragam sekolah anak Anda mudah rusak dan kainnya lebih mudah rapuh.

 

2. Tips Mencuci Celana Dan Rok Warna Merah

• Pisahkan Pakaian Sekolah Anak Anda

Pisahkan seragam sekolah anak Anda dengan pakain sehari hari. Pemisahan pakaian dilakukan dengan memisahkan pakaian yang berwarna putih, gelap, cerah dan berbahan lembut.

• Gunakan Air Dingin

Selain menghemat energi, mencuci dengan air dingin dapat menjaga keawetan pakaian.

• Hindari Kerusakan Saat Mencuci

Pastikan menutup rapat retsleting celana dan rok sekolah anak Anda sehingga resleting tersebut tidak menyangkut pada pakaian lain dan membentur dinding mesin cuci sehingga membuat resleting tersebut rusak.

• Gunakan Deterjen dan Pelembut Berkualitas

Mencuci menggunakan deterjen berkualitas mampu menjaga warna pakaian agar tetap awet. Karena itu pilihlah deterjen yang memang ampuh merawat warna pakaian. Gunakan juga pelembut agar serat pakaian anda tidak kasar.

• Kurangi Menggunakan Mesin Pengering

Menggunakan mesin pengering dapat membuat pakaian anda cepat aus atau kusam karena proses pengeringan dengan panas yang tidak alami. Agar warna pakaian sekolah tetap awet, jemurlah dibawah sinar matahari. Namun jika cuaca terlalu panas, cukup angin-anginkan saja.

• Menyetrika dengan Panas yang Sesuai

Jika pakaian sekolah anak Anda terbuat dari bahan yang tipis, setrikalah dengan panas yang sedang.

• Penyimpanan yang Tepat

Berikan nafas pada baju agar tidak lembab dan berjamur, utamanya pada baju yang berbahan sensitif atau yang jarang digunakan. Untuk menghindari binatang ngengat, taruhlah kamper dalam lemari anda.


Sumber :

http://wofficlothing.com

 

Bagikan ke: