Cara Membersihkan Karpet juga bisa menjadi panduan anda dalam bersih-bersih fasilitas rumah. Karpet adalah suatu perlengkapan rumah tangga yang biasanya dijadikan alas pada lantai dan merupakan hal yang bisa menambah nilai estetika pada ruangan rumah kita. Karpet adalah perabot rumah yang sangat berguna dan wajib dipunyai oleh penghuni rumah. Selain itu karpet juga berfungsi sebagai alas guna melindungi tubuh kita oleh dinginnya lantai. Tentunya dengan hal itu, perawatan pada karpet sangat-sangat dibutuhkan bagi pemilik karpet. Karena kalau karpet tidak dirawat atau kurang perawatan akan terlihat kusam dan tidak nyaman untuk ditempati.

Cara Membersihkan Karpet

Karpet biasanya diletakkan di ruang tamu atau bisa juga diletakkan di ruang yang ada televisinya. Biasanya kita sering bersantai di depan TV melihat sinetron dengan alas karpet atau bisa juga kita bersantai di ruang tamu dengan karpet yang diletakkan disebelah kursi sofa. Tentunya disitu fungsi karpet sangat banyak. Selain sebagai alas agar tidak kedinginan, juga memperindah desain yang ada pada ruangan rumah kita.

Namun faktor maintenance sebuah karpet juga diperlukan agar karpet yang kita gunakan tidak mudah terkena bakteri dan kuman, tidak mudah kotor, terkena debu, dll. Merawat karpet memang butuh penanganan yang lebih khusus, namun bukan berarti hal itu sulit untuk dilakukan. Berikut sedikit tips untuk perawatan sebuah karpet atau cara membersihkan karpet agar karpet yang kita punya di rumah selalu bersih dan nyaman untuk ditempati.

1. Pasang Keset

Keset adalah hal yang wajib dimiliki bagi tiap tiap rumah guna menjaga kebersihan di rumah kita. Memasang keset adalah salah satu tips untuk menjaga kebersihan pada karpet yang kita miliki. Caranya mudah, letakkan keset di dekat ruangan yang terdapat karpetnya. Fungsinya adalah menjaga agar ketika menginjak karpet tidak terdapat noda noda yang menempel pada karpet. Usahakan ketika masuk kedalam rumah atau menginjak karpet untuk melepaskan alas kaki terlebih dahulu. Kalau bisa letakkanlah keset pada bagian bagian sudut ruangan di rumah kita. Misalnya saja di depan pintu ruang tamu, di depan kamar mandi, di dapur, di depan freezer, di depan kamar mushola dan lain-lain.

2. Menggunakan Vakum

Vakum cleaner sangat cocok untuk membersihkan karpet. Vakum cleaner sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, karena sudah banyak sekali yang menggunakan. Biasanya tidak hanya pada karpet, vakum cleaner sering digunakan untuk membesihkan lantai. Vakum cleaner menyedot debu-debu yang ada di karpet, dan kotoran-kotoran seperti potongan kertas, plastik dan sebagainya. Cara penggunaannya pun juga cukup mudah. Usahakan ketika memakai cara ini, alangkah baiknya digunakan pada saat akhir aktivitas atau awal aktivitas. Contohnya di malam hari atau di pagi hari. Agar tidak mengganggu orang-orang yang berada di dalam rumah khususnya yang sedang bersantai diatas karpet.

3. Mencuci Secara Rutin

Tips yang satu merupakan hal yang sangat wajib bagi pemilik karpet. Karpet yang lama digunakan, meskipun terlihat bersih kalau tidak pernah dicuci akan cepat rusak dan kusam. Cara yang satu ini adalah yang paling mutlak bagi pemilik karpet. Salah satu perawatan yang sangat baik adalah dengan mencuci secara rutin. Disamping karpet kita bersih, karpet akan awet ketika dilakukan perawatan secara rutin oleh pemiliknya. Lakukan cara ini dengan jangka waktu minimal satu bulan sekali.

4. Menggunakan Garam

Garam adalah bahan dapur yang dibuat untuk penyedap aroma masakan. Garam juga bisa digunakan untuk membersihkan karpet. Caranya sangat mudah. Campurkan garam pada air hangat dan letakkan pada karpet yang terkena kotoran atau noda-noda. Kemudian sikatlah bagian tersebut, dan kotoran lama-lama akan hilang akibat terkena air garam. Jangan lupa untuk membilas dengan sabun wangi, agar karpet yang kita punya baunya wangi saat selesai dicuci.

5. Dengan Baking Soda

Baking soda sangat ampuh untuk membersihkan karpet. Bahan-bahan yang mengandung soda juga bisa digunakan untuk perawatan sebuah karpet. Soda mengandung zat yang bisa menghilangkan kotoran dalam sekejab, khususnya kotoran yang berwarna hitam. Cara penggunaannya cukup mudah, campurkan baking soda dengan sedikit air, lalu sikatlah dan bilas dengan sabun cuci.

6. Menggunakan Cairan Cuka

Cuka sangat ampuh untuk membersihkan kotoran atau noda bekas pada karpet. Teteskan air cuka pada karpet atau lebih baik campurlah sedikit air hangat dengan cuka. Biarkan sebentar saja, lalu sikatlah dan jangan lupa basuh dengan sabun cuci. Cara ini bisa digunakan untuk perawatan karpet secara rutin. Gunakan cara ini satu bulan sekali untuk membersihkan karpet, dan karpet kita akan terlihat bersih.

7. Dengan Es Batu

Cara yang satu ini adalah cara khusus untuk membersihkan karpet. Cara ini digunakan pada karpet yang terkena permen karet atau bekas permen karet yang menempel pada sebuah karpet. Caranya adalah letakkan es batu pada bagan karpet yang terkena permen karet, diamkan selama 2 menit lalu congkelah bekas permen karet tersebut dengan kayu atau sebagainya. Bekas permen karet akan hilang jika cara ini digunakan. Jangan sampai di sikat bekas permen karet tersebut, agar bekas permen karet tidak melebar pada karpet tersebut.

8. Menggunakan Sampo Karpet

Menggunakan sampo karpet merupakan salah satu cara perawatan agar karpet kita bersih dan terhindar dari bakteri dan kuman. Sampo karpet sudah banyak terjual di toko toko. Cara ini sebaiknya dilakukan dengan rutin. Usahakan ketika memilih sampo karpet dengan memilih sampo yang anti kuman. Sehingga tidak hanya bersih pada karpet, kuman dan bakteri pun akan tersingkirkan. Membersihkan karpet menggunakan sampo karpet akan mendapatkan hasil yang sangat bersih. Disamping bersih karpet kita akan awet, karena sampo tersebut khusus untuk karpet bukan yang lainnya.

9. Dengan Sapu Lidi

Sapu lidi juga bisa digunakan untuk membersihkan karpet. Caranya sangat mudah, lakukan secara rutin tiap hari membersihkan karpet dengan sapu lidi. Perlu diketahui untuk cara ini sangat ampuh untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada karpet. Hindari cara ini saat karpet terkena kotoran-kotoran seperti permen karet dan sebagainya, karena yang dikhawatirkan adalah kotoran-kotoran tersebut malah semakin menyebar pada bagian karpet.

10. Tata Letak Karpet

Tata letak karpet juga sangat berpengaruh dalam kebersihan karpet. Salah satu perawatan atau cara menjaga kebersihan karpet adalah dengan meletakkannya sesuai dengan desain pada rumah kita. Letakkan karpet pada bagian-bagian rumah yang jarang dilewati dan tempat yang sering dijadikan aktivitas. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan letakkan karpet pada dekat rak sepatu, guna menghindari banyak kuman dan bakteri pada karpet. Alangkah baiknya tempatkan karpet pada ruang tamu, kamar tidur, atau pada ruang kerja kita.

Demikian diatas adalah cara membersihkan karpet dirumah kita dari kotoran-kotoran atau noda-noda yang menempel pada karpet. Kita harusnya menjaga kebersihan dimanapun kita berada. Khusunya di dalam rumah kita dan salah satunya terhadap perawatan hal kecil yaitu merawat karpet pada rumah kita. Dengan lingkungan bersih, tentunya hidup kita akan terasa lebih nyaman. Semoga saja sedikit tips yang diberikan menambah keilmuan dan bermanfaat bagi kita semua.


Sumber :

https://rumahlia.com

Bagikan ke: